Edy Rahmayadi Akan Likuidasi Lima OPD

Rapat tertutup

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi akan melakukan likuidasi terhadap lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumut. Sementara Tol Medan-Berastagi juga akan jadi fokusnya ke depan.

Edy Rahmayadi menyampaikan hal itu usai menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemda Provsu 2022 di Santika Hotel, Kamis (8/4/2021).

Kata Edy, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi fokusnya di 2022. Beberapa hal tersebut seperti infrastruktur yang sempat terhenti di 2021 dan akan lanjut di 2022. Kemudian di sektor pendidikan serta pertanian juga akan menjadi fokus orang nomor satu di Sumut tersebut di tahun depan.

“Menaikan Pajak Bahan Bakar dan Kendaraan Bermotor (PBBKB) dari 5% ke 7,5% juga salah satu fokus kita untuk menambah pendapatan. Karena saat ini pertumbuhan ekonomi kita minus. Jadi ini sebagai salah satu upaya mencegah deflasi,” sebutnya.

Hal lainnya yang akan dilakukan dan menjadi fokus di 2022 lanjut Edy yakni akan ada lima OPD yang dilikuidasi. Lima dari OPD itu di antaranya yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Kemudian Dinas Pertanian akan bergabung dengan Dinas Peternakan. “Ada juga Dinas Perkebunan akan masuk ke Dinas Pertanian. Ada juga Dinas Lingkungan Hidup yang akan kita likuidasi,” sebutnya.

Dengan likuidasi itu maka akan menambah anggaran untuk pembangunan daerah. “Dengan likuidasi maka akan kita bisa menambah PAD Rp600 miliar. Ini yang akan kita fokuskan untuk pembangunan ke depan,” ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini Pemprov Sumut memiliki 47 OPD. Sehingga dengan likuidasi maka harapannya akan dapat memaksimalkan pendapat daerah.

Tol Medan-Berastagi

Dalam kesempatan tersebut Edy juga tak mengungkapkan bahwa pembangunan Tol Medan-Berastagi juga akan jadi fokusnya ke depan. “Jalan tol-nya akan dibuat layang. Sekarang masih dalam proses. Karena akan melalui tanah yang statusnya masih hutan lindung,” ucapnya.

Kenapa pembangunan Jalan Tol Medan-Berastagi itu menjadi fokus? Karena Berastagi merupakan daerah pertanian, pariwisata, dan peternakan yang ketiga hal ini sangat menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi Sumut.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment